Guest Lecture oleh Prof.Ting-Ting Wu, Ph.D. dari National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan

Pendidikan adalah hal fundamental dalam pembangunan generasi bangsa. Tren pendidikan di masa depan tidak akan dapat terlepas dari unsur teknologi. Dengan berkembangnya teknologi digital, hal yang dulunya tidak mungkin menjadi mungkin. Hal yang dulu rumit, kini menjadi mudah. Hal yang paling menarik dari dunia pendidikan masa depan adalah kita dapat mengikuti pembelajaran tanpa dibatasi ruang dan waktu. Tanda-tanda itu sudah terlihat dari sekarang.

Pada hari Jumat, tanggal 17 September 2021 mulai jam 9 hingga selesai, prodi Teknik Elektro S1 Universitas Negeri Yogyakarta bekerjasama dengan National Yunlin University of Science and Technology, Taiwan mengadakan Guest Lecture tentang “Trend Of Education Today and Future” dengan pembicara Prof.Ting Ting Wu,Ph.D. dan dimoderatori oleh Dr. phil. Ir. Didik Hariyanto, S.Pd.T, M.T. Hal ini bertujuan untuk menambah dan sharing pengetahuan, wawasan dan berdiskusi tentang tren pendidikan hari ini dan masa depan. Kegiatan Guest Lecturing ini diselenggarakan secara online yang diikuti sekitar 150 peserta baik dosen maupun mahasiswa.

Dalam kesempatan tersebut Prof. Ting Ting menyatakan bahwa diantara trend Pendidikan dimasa depan adalah menggunakan media pembelajaran e-book. Prof. Ting Ting telah melakukan riset tentang strategi pembelajaran yang mengintegrasikan e-books, pengajaran resiprokal (knowledge sharing) dan mind mapping dalam pembelajaran teks china klasik. Berdasarkan hasil investigasi pada efek integrasi membaca komprehensif diperoleh informasi bahwa interaktifitas yang tinggi, system pembelajaran multimedia e-book akan meningkatkan tingkat membaca komprehensifnya peserta didik (pada pembelajaran teks China klasik). Berdasarkan hasil sharing pengetahuan, peserta didik dalam grup eksperimen akan lebih tertarik dan mau untuk menshare pengetahuan dengan pasangannya dibandingkan dengan peserta didik  dalam grup control. Berdasarkan hasil skoring mind mapping diperoleh informasi bahwa dengan mengabsorbsi, internalisasi dan rekonstruksi teks sebagaimana mind map yang terstruktur, peserta didik akan meningkat kapasitas kognitifnya untuk menganalisis dan mengevaluasi.  

Guest Lecture seperti ini wajib diadakan dibidang pendidikan untuk memajukan kualitas pendidikan di indonesia pada tren dihari ini atau masa depan itu sendiri supaya mampu mengembangkan pengetahuan dan pemahaman kepada peserta Guest Lecture yang dihadiri dari 150 orang. Guest Lecture ini diperlukan agar mampu menghasikan pendidikan diindonesia yang maju di masa depan sehingga mampu merubah pendidikan menjadi lebih baik lagi.